Fomat Raport Sesuai Permendikbud No 104 Tahun 2014

Pada tanggal 3 Oktober 2014 telah ditetapkan Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permen yang berisi 15 pasal ini juga disertai lampiran yang merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Permennya.
Berdasarkan Permen tersebut, ada beberapa perbedaan Format  Raport, dibandingkan aturan sebelumnya. Perbedaan yang lumayan banyak ada pada jenjang SMP, dimana tampilan Raport yang sekarang harus menampilkan Nilai skala 1-4 dan Predikat pada Aspek Pengetahuan dan Ketrampilan. Sedangkan Aspek Sikap masih seperti format terdahulu. Perubahan juga ada pada nama Mata pelajaran yang harus mencantumkan nama guru pengampu mata pelajaran yang bersangkutan. Pada format deskripsi pada lembar kedua juga ada perbedaan urutan penulisan Aspek, menjadi Sikap Sosial dan Spiritual pada urutan paling atas, baru disusul Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan.
Dengan adanya beberapa perubahan ini, pada pasal 14 ayat b Permendikbud tersebut menyebutkan "Semua ketentuan  tentang  Rapor  yang  ada sebelum  Peraturan  Menteri  ini berlaku,  wajib  menyesuaikan  dengan Peraturan  Menteri  ini  paling lambat 1 (satu) tahun".

Bagi Sekolah yang baru mengimplementasikan Kurtilas pada tahun pelajaran 2014/2015 perubahan tersebut tidak begitu terasa, tinggal mengolah nilai dan menerbitkan raport berpedoman pada Permen tersebut, tetapi bagi sekolah yang lebih awal mengimplementasikan Kurtilas, ya wajib mengganti dan menyesuaikan format rapotnya.

Seiring dengan diimplementasikannya kurikulum 2013, penulis ikut mengikuti perkembangan pengimplementasian Kurtilas tersebut, diantaranya penulis sempat jadi guru Pendamping, juga aktif mengembangkan format penilaian dan format raport. Dengan terbitnya permendikbud no 104 tersebut, format penilaian dan raport saya langsung saya sesuaikan dengan Permen. Dalam pengembangan format penilaian dan Format raport ini, penulis berkonsultasi dan mendapat  masukan-masukan dari Bapak Drs Subiyanto pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo dan Bapak Dalyana, S.Pd, M.Pd widyaiswara LPMP Kaltim.
Alhamdulillah, setelah melalui uji kelayakan dari Bapak Ibu Pengurus MKKS, akhirnya MKKS SMP Kabupaten Purworejo  mengapresiasi karya saya tersebut. Selama 2 hari saya mempresentasikan karya saya kepada  perwakilan dari masing-masing sekolah, untuk selanjutnya dipakai di sekolah masing-masing.

Beberapa keunggulan dari karya saya tersebut adalah:
  1. Format penilaian Guru Mapel bisa muncul deskripsinya secara otomatis, membaca dari nilai-nilai dari unsur KD yang diketikkan dan juga KKM yang diinputkan.  
  2. Deskripsi sangat elegant,  dan Guru Mapel masih berhak penuh atas deskripsi tersebut, artinya guru Mapel bisa mengganti dan mengedit jika kurang puas. oleh karena itu Cell-nya tidak saya proteksi.
  3. Format penilaian Guru Mapel kompatible dengan format raport, sehingga bisa muncul (draft) deskripsi sikap antar mapel.
  4. Format Raport dilengkapi dengan tombol navigasi dan Tool Makro Pencetakan yang akan memudahkan dan memanjakan penggunanya dalam proses mencetak Raport. 
  5. Raport juga dilengkapi fasilitas mencetak "cover Raport", "identitas peserta didik" dan "menu belakang " serta fasilitas mencetak "Buku Induk".
  6. Setelah semua Nilai dari Guru Mapel diinputkan, bisa muncul draft penilaian sikap antar mapel yang membaca data nilai sikap yang diinput. Saya sebut draft karena nilai sikap antar mapel adalah diputuskan pada sidang pleno antar guru mapel yang dipimpin wali kelas. Jika draft tersebut disetujui, bisa lanjut ke pencetakan. Draft bisa diedit, karena cell tidak di proteksi.
  7. Design simple,  Excell look, user friedly, bahkan untuk pemula sekalipun.
        
        Silahkan Coba :
           (setelah kelihatan preview nya bisa di-download- dengan mengklik icon panah bawah di atas preview)


Terimakasih Kepada: 
  1. MKKS SMP Kabupaten Purworejo yang mengapresiasi karya saya tersebut dan atas donasi yang diluar dugaan saya...
  2. Madarasah Tsanawiyah "Unggulan" NURIS  Jember..
  3. Madrasah Aliyah "Unggulan" Nuris Jember..
  4. SMA NURIS Jember.
  5. SMP NURIS Jember
  6. SMP Negeri 1 Bululawang Malang
  7. SMA Darul Hikmah Kutoarjo
  8. SMP PGRI Semanu
  9. SMP Negeri 1 Watumalang...
  10. SMA KAE WOHA Bima
  11. SMP Negeri 34 Medan
  12. SMA Negeri 5 Purworejo
  13. SMA Negeri 1 Pemalang
  14. SMP Negeri 1 Warungasem Batang
  15. SMA Negeri 1 Moga Pemalang
Dengan terbitnya permendikbud No 53 tahun 2015  dan Permendikbud No 23 Tahun 2016,  Format Raport dan Pedoman penilaian saya sesuaikan lagi.  silahkan baca di sini.... 

11 comments:

  1. Terima kasih pak atas sharingnya, mohon ijin edit untuk penyesuaian di sekolah saya.
    Semoga terus berkarya.
    SMPN 1 Pageruyung - Kendal

    ReplyDelete
  2. Silahkan....
    dan lebih baik lagi pakai yang Premium..
    bisa dipakai semua Menu nya..

    ReplyDelete
  3. gmn crnya kl mau dpt yg premium pak???

    ReplyDelete
  4. Pada Edisi Premium, semua menu bisa dipakai,
    dan tidak ada batasan pemakaian.
    Jelas lebih menjanjikan darpada edisi demo..
    Untuk Mendapatkan Edisi Premium ya indent

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana cara pesan yang premium pak?

      Delete
    2. call di no HP yang ada pada file nya

      Delete
  5. untuk yang mts gmana pak
    trus cara dapetinnya gmna juga pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti sekolah lain yang pada pakai,
      silahkan kontak via no HP yang ada pada file nya...

      Delete
  6. untuk dapap software rapotnya yang lengkap bagaimana caraya pak mohon dijelaskan

    ReplyDelete
  7. Raport dan Format nilai guru Mapel, yang nama sekolah/ mapelnya sesuai pesanan dikirim ke email pemesan setelah ada konfirmasi kontribusi dari pemesan..

    ReplyDelete