Cara Mudah Membuat SKHUN Sementara

SKHUN Sementara adalah Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang di keluarkan oleh sekolah dengan tujuan agar para siswa yang telah di nyatakan lulus dalam dalam menempuh Ujian baik Ujian Nasional maupun ujian sekolah dan sudah dinyatakan Lulus satuan Pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 97 Tahun  2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional.

SKHUN Sementara  (SKHUNS) digunakannya sebagai syarat masuk ke jenjang pendidikan berikutnya yang lebih tinggi. Pihak Sekolah biasanya harus membuat SKHU Sementara karena SKHU Asli yang di keluarkan oleh Dinas Pendidikan belum terbit sampai dengan masa pendaftaran sekolah berakhir. 

Dengan majunya perkembangan teknologi, kita bisa memanfaatkannya untuk memudahkan pekerjaan kita dalam menginput dan mencetak SKHUN ini. Pada postingan terdahulu gurufajar pernah berbagi tentang cara mudah membuat SKHU sementar dengan menggunakan fasilitas Mail Merge. Pada Postingan kali ini, untuk membantu rekan-rekan guru dan panitia Ujian nasional dalam membuat SKHUNS, gurufajar akan berbagi trik mudah membuat SKHUN Sementara dengan satu fasilitas Microsoft Excel yang dioptimalkan dengan memanfaatkan "Spin Button" dan dengan penggunaan macro untuk proses pencetakan.

Spin Button dipakai untiuk memudahkan melihat tampilan pratinjau / preview sebelum dokumen dicetak.
Makro yang disediakan untuk mencetak dari nomor tertentu sampai dengan nomor tertentu berikutnya menjadikan proses pencetakan sedemikian mudah.

Rumus dan sheet data yang digunakan juga simple dan mudah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan sekolah yang akan memakai.  Kelebihan dari File adalah pada design nya yang simple dan tanpa proteksi alias gak perlu pasword dan kemudahan mencetak dokumen menggunakan fasilitas makro yang disediakan.

File ini terdiri atas 5 sheet yaitu :

  1. sheet  / lembar Data
  2. lembar untuk SKHU Sementara
  3. Lembar SK Kelulusan
  4. Amplop bernama, dan 
  5. lembar Ijasah Sementara yang bisa digunakan untuk membantu proses penulisan Ijazah. 

Sheet data bisa diisi dengan copy paste dari Biosystem Online, sehingga data nama peserta, tempat tanggal lahir, NISN dan No Ujian tidak perlu diisi manual.

Format ini langsung bisa pakai Untuk SMP, sedangkan kalau mau dipakai untuk SD yang terdiri atas 3 mata pelajaran, tinggal menghapus satu mata pelajaran, dari 4 mapel menjadi 3 Mapel.  mudah kok...

silahkan  download langsung dari sini...

juga tersedia versi Tahun 2015 di sini...


Penting : pertama kali membuka aktifkan dulu makronya dengan klik option >> enable...




12 comments:

  1. ijin reposting / share di blog saya pak Master...

    ReplyDelete
  2. Salam kenal, ppdb nya mantap pak,,

    ReplyDelete
  3. Link downloadnya gagal terus, gimana nih !!!!!

    ReplyDelete
  4. LInk Download sudah saya perbaiki
    Silahkan unduh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijjin pakai pak, sheet SKHU nya masih terkunci.

      Delete
    2. Master, mohon bimbingannya tentang pengguanaan macro excel, tks pak

      Delete
    3. Link nya sudah saya perbaiki lagi...
      Sudah saya hilangkan passwordnya...
      Bisa dimodify sesukanya.
      Silahkan dimanfaatkan

      Delete
  5. ahttp://www.fajarguru.web.id/logout?d=http://www.blogger.com/logout-redirect.g?blogID%3D993945396426378010%26postID%3D2605944643136828152pliksi yang bagus..pak mohon passwordnya donk..saya mau edit tahun pelajarannya tak bisa ..di format blanko skhu

    ReplyDelete
  6. info menarik
    ini file skhu excel yang dibutuhkan
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  7. Izin Save Mr. Fajar. Semoga bertambah berkah Ilmunya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ya pak atas ilmunya...smoga tambah berkah...

    ReplyDelete
  9. menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post

    ST3 Telkom

    ReplyDelete